PERCEPATAN PENYALURAN DANA DESA

post thumb

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan RI Nomor 193/PMK07/2018 tentang Pengelolaan Dana Desa Pasal 20 : Penyaluran Dana Desa dengan cara pemindahbukuan dari rekening kas umum negara ke rekening kas umum daerah, untuk selanjutnya dari rekening kas umum daerah ke rekening desa. KPKN Kudus telah mentransfer Dana Desa Tahap II ke rekening kas umum daerah Kabupaten Demak pada tanggal 26 Juni 2019 sebesar Rp 110.700.342.800,- (Seratus sepuluh milyar tujuh ratus juta tiga ratus empat puluh dua ribu delapan ratus rupiah).

Penyaluran Dana Desa dari LKUD ke RKD paling lambat 7 hari kerja setelah diterima LKUD. Dalam rangka percepatan Dana Desa agar dapat digunakan secara efektif bagi pembangunan Desa maka perlu diupayakan percepatan penyaluran dan peningkatan pengelolaan Dana Desa.

Sampai dengan tanggal 2 Juli 2019 di Kabupaten Demak baru ada satu Desa yang mengajukan pencairan Dana Desa yaitu Desa Wonosekar Kecamatan Karangawen sebesar Rp 852.761.200,- (Delapan ratus lima puluh dua juta tujuh ratus enam puluh satu ribu dua ratus rupiah).

Sehubungan dengan hal tersebut dimohon kepada Kepala Desa untuk mengajukan pencairan Dana Desa Tahap II dengan dilampiri dokumen pendukungnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *