Amankan Tanah Pemkab, BPKPAD Kabupaten Demak Gunakan Metode Digitasi

DIGITASI TANAH : BPKPAD Kab. Demak melakukan digitasi tanah untuk menentukan titik koordinat sebagai salah satu langkah pengamanan aset

DEMAK, Menindaklanjuti rekomendasi BPK RI Perwakilan Jawa Tengah agar Pemerintah Kabupaten Demak melakukan pengamanan aset utamanya berupa tanah, BPKPAD Kab. Demak selaku Pembantu Pengelola Aset milik Pemkab melakukan berbagai upaya, baik pengamanan dari sisi hukum, administrasi, maupun pengamanan secara fisik.

Bentuk pengamanan yang biasa dilakukan adalah dengan sertifikasi atas tanah-tanah dimaksud, melakukan pencatatan secara rinci dan informatif dengan menggunakan SIMDA BMD, juga dengan memasang papan nama tanah.

“Banyaknya tanah milik Pemerintah Kabupaten Demak yang tersebar di beberapa lokasi, kadang menyulitkan pengambil kebijakan untuk mendeteksi posisi pasti dari dari tanah-tanah tersebut. Untuk itu perlu adanya metode digitasi yang memudahkan siapapun untuk melihat letak tanah melalui citra satelit”. Ungkap Suhasbukit, SH, MM didampingi Kabid Aset Daerah Fatchul Imam, SE, M.Si, MA saat pelepasan Tim Digitasi Tanah Pemkab Tahun 2019.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *