BPKPD Kota Pariaman Kunjungi BPKPAD Kab.Demak

Kunjungan study komparatif Badan Pengelolaan Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Kota Pariaman ke BPKPAD Kabupaten Demak membuahkan hasil yang menggembirakan, demikian disampaikan Adrial, SE,MM Sekretaris BPKPD Kota Pariaman disela-sela kunjungannya pada hari ini Senin tanggal 2 September 2019. Lebih lanjut pria paruh baya ini menyampaikan bahwa Transaksi Non Tunai (TNT) adalah sebuah keharusan dalam tata kelola keuangan yang baik apalagi dengan adanya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor: 910/1867/SJ tentang Implementasi Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Propinsi, maka pelaksanaan TNT di daerah adalah wajib, hanya saja di Pariaman,TNT masih sebatas Intruksi Walikota sehingga pelaksanaannya masih kurang greget, untuk itu pihaknya tidak sungkan-sungkan untuk belajar TNT di Pemerintah Kabupaten Demak, imbuhnya yang diiyakan Kabid Perbendaharaan, Akuntansi dan Pelaporan BPKPD Pariaman Hendra Asman,SE,MM,Akt serta Firman Syah Putra, S.Kom, M.Kom Kasi Pembukuan dan Pelaporan Akuntansi.

Kunjungan study komparatif ini diterima langsung oleh Kepala Bidang Perbendaharaan dan Akuntansi BPKPAD Kabupaten Demak Yudi Santosa,SE,M.Si,Akt. Dalam sambutan awalnya beliau menyampaikan bahwa implementasi TNT pada Pemerintah Kabupaten Demak dimulai sejak diterbitkannya Peraturan Bupati Nomor 49 Tahun 2017 tentang Penerapan Transaksi Non Tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak tanggal 18 Oktober 2017 dan diujicobakan pada bulan Nopember-Desember 2017. Implementasi TNT mulai efektif dilaksanakan mulai Januari 2018 dengan beberapa pengecualian belanja. Seiring berjalannya waktu ada beberapa permasalahan seperti pembayaran upah tenaga kerja, transportasi kepada masyarakat dll, sehingga perlu dilakukan evaluasi. Hasil evaluasi berbuah perubahan Peraturan Bupati Nomor 31 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Pertauran Bupati demak Nomor 49 Tahun 2017 tentang Penerapan Transaksi non tunai pada Pemerintah Daerah Kabupaten Demak. Pemindahbukuan TNT dilakukan dengan internet banking / CMS, cek dll.

Menyinggung TNT pada jenis Penerimaan Daerah di Kabupaten Demak, beliau mengatakan bahwa untuk pembayaran pajak dilakukan dengan e-tax sedangkan e-retribusi baru dimulai hari ini dengan e-retribusi sewa pasar dengan proyek percontohan Pasar Gajah dan Pasar Bintoro pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *