KEBIJAKAN UMUM PENGELOLAAN KEUANGAN DAERAH (PENGELOLAAN PENDAPATAN DAERAH)

Bertempat di Hotel Griya Persada Kaliurang Yogyakarta, pada tanggal 06-07 September 2019 BPKPAD Kab. Demak mengadakan Peningkatan Sumber Daya Aparatur Sipil Negara dengan tema “Kebijakan Umum Pengelolaan Keuangan Daerah (Pengelolaan Pendapatan Daerah)”.

Sekda Kab. Demak menjadi narasumber dengan tema “Membangun Super Tim yang Efektif”. Pemimpin kuat, anggota tim akan terikat erat. Tim adalah kumpulan orang, yag mempunyai skill, knowledge dan attitude, mencapai target untuk menyelesaikan masalah. Efektif adalah tercapainya target/tujuan, menggunakan sumber daya yang terukur gak boros. Bekerja dalam tim, akan menjadi lebih gesit, kredibel dan tanggap untuk mengatasi tantangan, masalah dan persaingan. Karakteristik Tim Yang Efektif : 1. Memiliki tujuan/sasaran yang jelas artinya mau mengalah, menyepakati tujuan dan sasaran tim, saling bekerjasama; 2. Pembagian peran kepemimpinan artinya saling berbagi peran, sesuai keahlian dan pengalaman, memilih pemimpin berdasarkan kompetensi; 3. Keterbukaan dan saling percaya artinya komunikasi lancar dan jelas, kebebasan berpendapat (ide, gagasan), saling membantu; 4. Keanekaragaman Latar Belakang artinya memberi warna pada tim (keahlian, pengetahuan, pengalaman), semakin banyak tugas yang ditangani; 5. Anggota Tim selalu artinya Mendukung keputusan, mendukung prosedur, mendukung pengawasan; 6. Konflik artinya Diselesaikan dengan jalan konsensus dan konstruktif, prinsip win-win solution; 7. Kegiatan Tim tidak hanya fokus pada hasil, tetapi juga proses dan isi; 8. Mempunyai kemampuan utk memecahkan masalah.

Bupati Demak H.M. Natsir menyampaikan Bekerja yg baik tidak cukup hanya dengan disiplin saja, dengan adanya pertemuan ini diharapkan selain disiplin juga harus ada kreatifitas dan inovasi-inovasi, ini sudah dicontohkan oleh Rasulullah sejak dulu di Madinah. Diperintah untuk membentuk negara tapi Beliau membentuk negara tidak negara islam, Rasulullah membentuk negara Madinah dan menjadi berkembang. Karena di Yasrik saat itu ada beberapa agama dan suku. Ada Yahudi 3 kelompok, ada penduduk asli yg tidak islam, ada pendatang baru. Pada saat itu Rasulullah tidak mengajak untuk memeluk agama islam tapi semua direngkuh menyatukan visi dan misi secara bersama-sama. Sampai sekarang Madinah menjadi kota yang maju dan makin berkembang. Yang diambil Rasulullah adalah persatuan dan kesatuan, ada pemimpin dan ada yg dipimpin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *