Mekanisme Penyaluran Dana Desa

Demak, 18 Maret 2020

Demak – Bendahara PPKD BPKPAD Kabupaten Demak, Sidi Ahmad Zuhdi A.P menyebutkan dalam pencairan dana desa akan melalui tiga tahap sesuai Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati telah menetapkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 205/PMK.07/2019 tentang pengelolaan dana desa, serta ditindaklanjuti Bupati Demak menetapkan Peraturan Bupati Nomor 5 Tahun 2020 tentang Tata cara Pembagian, Penetapan rincian dana Penggunaan Dana Desa di Kabupaten Demak Tahun Anggaran 2020.

“Tahap pertama sebesar 40 %. Kemudian tahap kedua juga 40% dan tahap ketiga 20 %,”
Lebihlanjut, Sidi Ahmad Zuhdi A.P di tahap 1 harus melengkapi persyaratan, yaitu Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tata cara pengalokasian dan rincian dana desa per desa. Serta surat kuasa pemindahbukuan dana desa dari kepala daerah, Surat Pernyataan Kebenaran Penyaluran Dana Desa serta Surat Pengantar dari Kepala BPKPAD Kab. Demak dan Peraturan Desa mengenai APBDes.

Di tahap kedua, harus ada laporan realisasi penyerapan dan capaian output anggaran sebelumnya. Kemudian laporan realisasi tahap 1 penyerapan minimal 50 % dan capaian output minimal 35 %.

“Untuk di tahap 3 ini laporan realisasi penyerapan sampai di tahap 2 minimal 90 % dengan capaian output minimal 75 %. Selanjutnya ada laporan konvergensi pencegahan stunting,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *